https://www.pexels.com/@goumbik/ |
Identifikasi dan hindari perangkap umum ini yang dapat mencegah atau menunda Anda mencapai kesuksesan SEO yang Anda inginkan.
SEO bisa menjadi investasi yang mahal, jadi, dapat dimengerti, Anda ingin melakukan segalanya untuk mendapatkan hasil maksimal dari investasi Anda. Namun, untuk melakukannya, Anda perlu menyadari hambatan umum yang dapat menghambat kesuksesan SEO.
Dalam pengalaman saya, sembilan hal secara historis membuat klien saya tidak mendapatkan hasil. Mengetahui penghalang jalan ini dapat membantu Anda mengatasinya dan mencegahnya masuk ke kampanye Anda dan menggagalkan kemajuan Anda.
1. Tidak mendefinisikan tujuan kampanye
Jika Anda tidak tahu tujuan apa yang ingin Anda capai melalui SEO, mengukur kesuksesan tidak mungkin dilakukan.
Demikian juga, jika Anda telah menetapkan sasaran tetapi belum mengidentifikasi indikator kinerja utama (KPI), sulit untuk mengetahui seberapa sukses Anda memenuhi tujuan kampanye Anda.
Tidak ada yang lebih buruk daripada memiliki angka di kepala seseorang (misalnya, menambahkan 100 prospek baru per bulan melalui SEO) dan tidak mengetahui hingga berbulan-bulan dalam upaya dan menemukan bahwa Anda tidak berkinerja sesuai harapan itu.
Menentukan sasaran dan KPI dan mengomunikasikannya dengan tim Anda akan membantu Anda memiliki kampanye yang sukses dan memenuhi keuntungan Anda.
2. Kurangnya sumber daya
Bekerja dengan kurangnya sumber daya sangat membuat frustrasi, dan dapat menghambat kesuksesan SEO Anda.
Berikut adalah beberapa contoh sumber daya yang Anda perlukan untuk menjalankan kampanye yang sukses dan apa yang dapat terjadi jika Anda tidak memilikinya.
Orang: Kurangnya sumber daya manusia yang didedikasikan untuk SEO dapat menghentikan kampanye Anda dan membuat Anda tidak mencapai kemajuan yang diinginkan. SEO adalah komitmen yang membutuhkan kerja konsisten dari individu atau tim yang berdedikasi. Anda hanya dapat mengerjakan SEO saat Anda menginginkannya atau memiliki beberapa menit tambahan jika Anda ingin melihat kesuksesan. Selain itu, Anda akan sering membutuhkan sumber daya untuk konten, UX, TI, dan area lain di luar SEO untuk menerapkan rekomendasi dan rencana SEO.
Uang: Kurangnya sumber daya keuangan dapat secara drastis memperlambat kampanye Anda. Anda memerlukan anggaran SEO yang dapat mengakomodasi membayar anggota staf atau agensi untuk mengelola kampanye dan membeli alat yang diperlukan untuk melakukan penelitian SEO mendasar dan memantau kesuksesan Anda.
Alat: Ada berbagai alat penelitian dan pelaporan yang diperlukan untuk mengoptimalkan situs web Anda dengan benar. Meskipun ada opsi gratis yang tersedia, dan Anda dapat melakukannya tanpa memiliki banyak alat yang Anda inginkan, kemungkinan besar Anda akan mencapai dataran tinggi yang dapat memperlambat kemajuan SEO.
Data: Menganalisis data adalah bagian penting dari kampanye SEO di setiap tahap. Anda mungkin dibiarkan dalam kegelapan tanpa informasi yang diperlukan untuk menginformasikan keputusan penting tanpa akses penuh ke data SEO.
3.Kesabaran yang buruk
SEO adalah investasi jangka panjang. Ini bukan sesuatu yang bisa Anda buru-buru, tidak peduli berapa banyak sumber daya yang Anda gunakan.
Bisnis menjadi frustrasi ketika mereka tidak melihat keuntungan yang signifikan dalam beberapa bulan pertama. Mereka mungkin mempertanyakan investasi mereka, memutuskan untuk mengurangi upaya mereka atau menarik steker sepenuhnya.
Tolong jangan menganggap upaya SEO Anda tidak berhasil karena situs Anda tidak berada di puncak halaman hasil mesin pencari di bulan pertama. Itu membutuhkan waktu dan upaya yang konsisten.
Sejujurnya, bahkan ketika seorang spesialis SEO bekerja, bisa memakan waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun untuk melihat hasil yang mengesankan. Jadi sesulit apapun kamu harus sabar dan percaya pada prosesnya
4.Penargetan luas
Saat mengerjakan kampanye SEO, penting untuk menentukan ceruk yang ingin Anda targetkan. Ini termasuk pasar geografis dan basis klien Anda.
Mendefinisikan ceruk di awal kampanye pemasaran Anda membantu Anda menarik pelanggan ideal Anda di sudut pasar Anda yang unik. Selain itu, semakin spesifik Anda dengan niche Anda, semakin mudah untuk mendapatkan peringkat yang baik.
Grup topik dan kata kunci niche Anda mungkin mendapatkan lebih sedikit lalu lintas daripada yang lebih umum, tetapi mereka juga berkonversi lebih baik dan berharga untuk target dan lacak.
Sekarang, saya tidak menyarankan Anda memilih ceruk tanpa volume pencarian atau yang tidak terkait erat dengan produk atau layanan Anda. Cari saja yang masuk akal untuk ditargetkan berdasarkan persaingan dan tren di industri Anda.
Saya menyadari mungkin menakutkan untuk memilih ceruk tertentu, terutama jika Anda ingin semua orang memiliki kesempatan untuk menemukan situs Anda. Tapi, Anda harus ingat, mendefinisikan ceruk tidak berarti bahwa Anda akan terikat padanya selamanya. Niche harus berkembang seiring waktu. Anda dapat memperluas jangkauan Anda nanti di kampanye Anda jika diperlukan. Anda dapat membangun keahlian topikal di berbagai topik dan ceruk.
5. Tidak berpikir corong penuh
Penting untuk diingat bahwa tidak semua pengguna Google siap melakukan konversi setelah menemukan halaman Anda. Anda harus memikirkan pengguna di setiap tahap perjalanan mereka, termasuk inisiasi, penelitian, perbandingan, transaksi, dan pengalaman.
Anda tidak dapat berasumsi bahwa setiap kata kunci atau topik yang Anda targetkan akan dikonversi. Itu tidak realistis.
Sebagai gantinya, Anda harus memilih target yang berkaitan dengan bahasa yang digunakan oleh calon pengguna di setiap tahap corong dan memberikan konten dan tingkat keterlibatan yang tepat yang mereka cari selama pertimbangan dan perjalanan pelanggan mereka.
Misalnya, jika seseorang baru menyadari kebutuhan mereka akan jenis asuransi baru untuk bisnis mereka, kemungkinan besar mereka akan memulai perjalanan mereka dengan meneliti pilihan mereka dan jenis perusahaan yang menyediakannya. Mereka belum tentu siap untuk mengisi formulir atau menelepon dan memulai proses penjualan sampai mereka melakukan riset dan mulai bergerak ke bawah corong.
6. Mengabaikan SERP
Banyak orang yang baru memulai perjalanan SEO mereka tidak mengerti bagaimana halaman hasil mesin pencari (SERP) bekerja. Jadi mereka bahkan mungkin tidak menyadari bahwa ada beberapa bagian di SERP dan bahwa hasil organik biasanya terkubur di bawah iklan, berita, paket peta, cuplikan unggulan, dan banyak lagi.
Sangat penting untuk mendidik diri sendiri tentang anatomi SERP sehingga Anda memahami banyak cara upaya SEO Anda dapat memengaruhi hasil yang ditampilkan kepada pengguna.
SEO yang baik atau area yang berdekatan dengan pencarian tradisional (yaitu, SEO lokal), memiliki kekuatan untuk menjadikan Anda salah satu tempat yang didambakan dalam fitur pencarian Google (paket peta, cuplikan unggulan, ulasan, dll.). Tetapi Anda mungkin perlu melakukan beberapa penyesuaian pada strategi SEO Anda untuk mengoptimalkan halaman Anda dengan cara yang menarik perhatian Google.
Misalnya, markup skema dapat membantu mengomunikasikan kepada Google bahwa Anda ingin ulasan Anda ditampilkan di bawah cantuman Google Anda. Demikian juga, memiliki daftar Profil Bisnis Google meningkatkan kemungkinan Anda akan muncul di hasil paket peta.
7. Kemitraan yang buruk
Tidak ada yang memperlambat kemajuan seperti kemitraan yang buruk. Mitra yang salah dapat mencegah Anda memenuhi keuntungan Anda, baik dengan vendor, agensi, pekerja lepas, alat, penulis, pengembang, atau orang yang mempertimbangkan strategi dan implementasi.
Tapi, pemutusan kemitraan yang buruk tidak selalu mudah, terutama jika kontrak terlibat. Sebelum menarik steker, diskusikan harapan Anda dan bagaimana kemitraan ini gagal memenuhinya. Kemudian, kembangkan rencana aksi untuk memperbaiki situasi.
Tetapi pada akhirnya, jika kemitraan Anda tidak dapat diselamatkan, Anda harus mengakhirinya. SEO adalah investasi, dan tidak ada gunanya bekerja dengan seseorang yang tidak membantu Anda memenuhi keuntungan Anda.
Lakukan semua uji tuntas yang mungkin dilakukan di ujung depan. Mudah-mudahan, Anda tidak berakhir dalam situasi ini.
8. Pemutusan dari saluran pemasaran lain
Sebagai seorang pemasar, tidak ada yang lebih mengganggu saya daripada bekerja dengan para profesional yang secara membabi buta berpikir bahwa saluran pemasaran mereka adalah segalanya, akhir dari segalanya untuk memenuhi tujuan klien mereka. Pada kenyataannya, saluran pemasaran harus bersinergi untuk menghasilkan hasil terbaik. Ini berasal dari seseorang (saya) yang memulai karir mereka jauh di dalam silo SEO.
Ada waktu dan tempat untuk semua saluran pemasaran. Misalnya, jika Anda membutuhkan hasil yang cepat dan ingin meroket daftar Anda ke puncak Google, maka pencarian berbayar adalah pilihan yang bagus. Tetapi menjalankan iklan dalam jangka panjang bisa mahal. Di situlah SEO masuk.
SEO membutuhkan waktu. Jarang menghasilkan hasil tempat pertama di SERP. Jadi, mengerjakan SEO Anda sambil menjalankan iklan secara bersamaan dapat menarik populasi yang sama hingga situs Anda naik lebih tinggi dalam peringkat organik dan akhirnya, kebutuhan akan iklan berbayar untuk layanan atau produk tersebut tidak lagi diperlukan. Plus, berbayar dan organik dapat bekerja sama dengan baik dalam beberapa kasus berdasarkan bagaimana SERP disusun untuk topik dan kueri tertentu.
Selain itu, kita harus tahu bahwa saluran lain seperti sosial, email, dan jenis periklanan digital lainnya dapat bekerja sama dan memengaruhi perjalanan pelanggan. Jangan menempatkan semua tekanan pada satu saluran jika Anda dapat menghindarinya.
Saya mendorong klien saya untuk memikirkan bagaimana mereka dapat memanfaatkan semua saluran pemasaran dan disiplin ilmu, termasuk SEO, pencarian berbayar, konten, UX/UI, video, dan banyak lagi, untuk mendapatkan hasil terbaik.
9. Atribusi tidak cukup
Pelacakan data itu penting. Lagi pula, itulah yang menunjukkan berapa banyak laba atas investasi yang dihasilkan oleh upaya SEO Anda. Namun, adalah kesalahan untuk hanya melacak data SEO dan tidak melacak statistik bisnis dan konversi yang terkait dengan upaya SEO Anda.
Misalnya, jika Anda memiliki bisnis berbasis layanan seperti pipa ledeng, Anda akan melihat peningkatan kata kunci terkait pipa ledeng. Namun, itu berarti kecil jika Anda tidak juga melihat peningkatan konversi (yaitu, panggilan atau formulir kontak yang diisi).
Dengan pemasaran digital, kami memiliki kekuatan untuk mengetahui apakah itu berhasil dan melacaknya sampai selesai. Tidak dapat diterima dalam banyak kasus untuk membuat asumsi ketika kita dapat menghubungkan titik-titik dari tayangan melalui konversi (dan mudah-mudahan di luar).
Hapus penghalang SEO Anda, itu normal dan alami untuk menginginkan hasil SEO instan, tetapi biasanya bukan itu cara kerjanya. Mencapai hasil SEO yang Anda inginkan membutuhkan waktu dan usaha yang konsisten. Menghindari jebakan yang diuraikan dalam artikel ini akan membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari investasi SEO Anda
Artikel asli ditulis oleh Corey Morris yang sudah diterjemahkan tautannya ada di sini