Peluncuran Kompilasi #MAMANEH: A Tribute To Bandung



Kompilasi #MAMANEH“A Tribute To Bandung” adalah sebuah gerakan inisiatif warga untuk menyumbangkan kreativitasnya dalam rangka memperingati ulang tahun Kota Bandung yang ke-202. Setiap warga dibebaskan untuk mengirimkan karya musiknya dalam berbagai genre musik, mau itu rock, metal, pop, atau dangdut. Satu hal yang pasti, lagu yang dikirimkan harus menunjukkan rasa cintanyaterhadap KotaBandung.#MAMANEH (“Kumaha Maneh”) sendiri diambil dari Bahasa Sunda yang memiliki arti “ Terserah Kamu”.

Sejak dulu Bandung dikenal sebagai salah satu barometer industri musik Indonesia. Kreativitas-kreativitas yang dihasilkan oleh warga Kota Bandung telah menghasilkan banyak karya-karya kreatif terutama dari bidang musik yang tidak perlu dipertanyakan lagi. Salah satu tonggak kemunculan kompilasi legendaris yaitu ketika pada pertengahan 1990-an muncul kompilasi Masaindahbangetsekalipisan yang menjadi tonggak awal kemunculan band-band underground seperti Puppen, Burgerkill, Full of Hate, Cherry Bombshell, Sendal Jepit, Rotten To The Core, Turtles Jr., Balcony, dll.

Sejak itu pula banyak sekali bermunculan kompilasi-kompilasi yang digagas oleh komunitas-komunitas kreatif untuk melampiaskan ekspresi bermusiknya seperti kompilasi Bandung’s Burning, Ticket To Ride, Perang Yang Tak Akan Kita Menangkan, This Is Bandung, Brain Beverages, dan masih banyak lagi. Kesamaan dari kompilasi-kompilasi itu adalah murni gerakan inisiatif warga tanpa embel-embel komersialisasi dan politik.

#MAMANEH diharapkan akan menjadi bukti otentik potensi band-band di Bandung dan sekitarnya. Potensi-potensi anak muda itu yang harus ditampung agar bakat dan potensinya tidak terlantar begitu saja. Warga Kota Bandung juga kian antusias dan bersemangat untuk mengekspresikan rasa cintanya terhadap Kota Bandung. Jika, harus menyitir sebuah pernyataan, “Jangan tanya apa yang sudah Kota Bandung berikan pada kamu, tapi apa yang sudah kamu berikan pada Kota Bandung”.

Untuk itu pula, kompilasi adalah sebuah rekaman mencatat semangat zaman. Semangat kemandirian warga Kota Bandung. Kompilasi #MAMANEH juga diisi oleh semangat dan antusiasme yang sama. Proyek ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran barudak Bandung agar lebih peduli dengan scene dan kotanya lagi. Bandung is a Great City ! Let’s Bring that back!

Warga yang tertarik mengirimkan kompilasi ini hanya tinggal mengirim karya lagunya ke email: mamaneh@infobandung.in sebelum tenggat tanggal 22 September 2012. 
(Idhar Resmadi)

www.mamaneh.com
Share on Google Plus

About AddictedArea

hello! we are addictedarea :) follow us on twitter @addictedarea
    Blogger Comment
    Facebook Comment